X

SSCN.Bkn.go.id 2019 : Pendaftaran di SSCN BKN Go Id Tahun 2019

SSCN.Bkn.go.id 2019 : Pendaftaran di SSCN BKN Go Id Tahun 2019

Hari ini (26/9) mulai pukul 00.01, pembuatan akun SSCN (sistem seleksi CPNS nasional) bagi para pelamar seleksi CPNS 2019 sudah bisa dilakukan di sscn.bkn.go.id. Ini merupakan satu-satunya portal penerimaan CPNS 2019.

Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, setelah membuat akun, pendaftar bisa memilih instansi dan formasi yang akan dilamar, sesuai pencarian lowongan yang sudah bisa diakses sejak 19 September 2018.

“Jika ternyata instansi yang akan dipilih belum tersedia, berarti instansi tersebut belum memulai menerima pendaftaran atau belum selesai diverifikasi oleh BKN,” kata Ridwan dalam pernyataan resminya, Rabu (26/9).

Secara umum, pendaftaran online berada dalam range 26 September sampai 10 Oktober. Karena itu seluruh instansi diminta segera membuka pendaftaran agar bisa mendapatkan pelamar yang sesuai keinginan. Sebab, ada 76 instansi pusat dan 525 daerah yang mencari SDM andal.

Dia mempersilakan pelamar melihat web instansi yang dituju untuk mendapatkan informasi terkini. Hari ini BKN adalah salah satu instansi yang mulai membuka pendaftaran.

“Khusus untuk BKN, kami memiliki www.bkn.goid dan media sosial twitter.com/BKNgoid, facebook.com/BKNgoid, instagram.com/BKNgoidOfficial dan youtube.com/c/BKNgoidOfficial,” tutupnya.

Sebelumnya admin menginformasikan untuk bisa mendapatkan print out sebagai syarat administrasi yang nantinya dikirim via kantor pos bersama dokumen lain maka diperlukan pendaftaran online tahap kedua di SSCN BKN CPNS 2019 setelah menyelesaikan langkah tahap pertama.

Di dalam situs yang akan akan dikunjungi nanti yakni sscn bkn, calon peserta akan diminta login ke dalam website tersebut menggunakan username dan juga password seperti yang didaftarkan pada tahap pertama di regpanselnas menpan atau bisa cek email yang digunakan untuk pendaftaran online CPNS 2019.

Info terbaru bukaan CPNS Kemenkumham 2019 dimulai tanggal 1 Agustus 2018 hingga 31 Agustus 2018.

Setelah bisa masuk atau login pada website sscn BKN langkah selanjutnya adalah dengan kembali mengisi formulir sesuai dengan data diri yang benar namun pada formulir yang ini tidak hanya membutuhkan KTP dalam mengisi biodatanya melainkan juga disana tertera kolom jumlah nilai IPK (untuk lulusan sarjana) atau NIM (untuk SLTA).

Artinya bila ingin melakukan pendaftaran tahap kedua tes CPNS 2019 dibutuhkan Ijazah dan juga transkip nilai lulusan terakhir sebab Ijazah diperlukan untuk pengisian nomor ijazah dan juga traskip untuk mengisi nilai IPK yang semuanya tertera pada formulir kosong pendaftaran online tes CPNS 2019.

Pada akhir tahap pengisian akan muncul pilihan formasi yang akan diikuti dalam tes CPNS 2019 dan wajib dipilih sesuai dengan lulusan per jurusan sesuai dengan syarat yang diminta dalam tes CPNS 2019 sebab tidak semua lulusan bisa mendaftar di salah satu formasi tes CPNS 2019 baik pusat maupun daerah.

Bila semua langkah pengisian formulir pendaftaran telah sesuai dengan tata cara pengisian yang diminta maka pada akhir penyelesaian akan diberikan lembaran print out yang nantinya diperlukan sebagai syarat pelengkap untuk pengiriman berkas pendaftaran melalui kantor pos.

Dan perolehan lembaran print out yang dibutuhkan itu menandakan proses pendaftaran di website SSCN BKN CPNS 2019 telah selesai selanjutnya adalah melengkapi semua persyaratan dan juga melakukan pengiriman via kantor pos yang tata caranya juga telah dibahas pada tulisan lain hanya di cpns2015.com

Karena banyak komentar mengenai permasalahan yang terkait dengan info pendaftaran CPNS 2019 maka disini kami akan merangkum dan memberikan solusi atas permasalahan seputar pendaftaran CPNS 2019 di situs SSCN BKN.

  1. Alamat Pengiriman Berkas Pendaftaran CPNS

Nah bagi pelamar yang mengirimkam berkas khususnya untuk pelamar CPNS Kemenkumham haruslah mengirim sesuai dengan instansi masing-masing, jangan sampai salah kirim ya, sebab berkas yang salah kirim tidak akan ditindaklanjuti dan proses pendaftaran terancam gagal karenanya.

Dan yang terjadi beberapa hari terakhir adalah berkas pendaftaran salah kirim ke BKN, bukan ke instansi tempat pendaftaran seperti yang dijelaskan dalam petunjuk pendaftaran CPNS 2019, berikut 33 Alamat Instansi tempat tujuan pengiriman berkas yang diambil dari info BKN.

2. Permasalahan Tombol Upload Dokumen tidak muncul atau error

Selain dari alamat pengiriman berkas tadi ada juga info lain yang menjadi banyak pertanyaan di komentar, maka disini kami akan update informasinya, bahwa tidak munculnya tombol upload yang terjadi akhir-akhir ini memang merupakan kendala server, simak keterangan gambar dari Info BKN berikut.

Nah itulah jawabannya, bahwa BKN sedang melakukan update sistem sementara di situs pendaftaran CPNS di sscn.bkn.go.id

3.  Kendala Upload Dokumen

Banyak sobat CPNS2015.com yang mengalami kendala saat upload dokumen, maka disini kami berikan solusi dari Info BKN terkait informasi yang dimaksud, langsung simak info grafisnya sebagai berikut.

Nah ada pertanyaan lain? Bisa disampaikan di komentar, good luck ya semoga sukses.

Categories: SSCN BKN 2019
Admin CPNS2015.Com:

View Comments (315)

  • Surat Untuk Presiden, Menteri Pendidikan, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara, dan Menteri Agama .

    Dunia pendidikan membutuh tenaga pendidik yang sudah teruji kinerjanya, maka upaya yang perlu dilakukan pemerintah adalah melakukan revisi terkait kebijakan dalam perekrutan ASN tenaga guru, selama ini yang terjadi di lapangan adalah banyaknya formasi umum untuk kategori umum, padahal negara ini memiliki sumber "bahan baku" untuk direkrut menjadi CPNS tenaga guru yang tidak pernah dilirik oleh pemerintah yaitu Guru-guru inpassing padahal mereka telah nyata-nyata mengabdi lebih dari 15 Tahun tentunya memiliki banyak pengalaman dalam mengajar, disisi lain Guru-guru inpassing tentunya sudah tersertifikasi sehingga pemerintah tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang begitu besar karena berbeda dengan guru-guru formasi umum yang belum tersertifikasi tentunya setelah mereka lulus menjadi PNS akan menambah beban anggaran pemerintah untuk mensertifkasi mereka, disisi lain pemerintah sudah mengakui guru-guru inpassing sebagai guru profesional yang dibuktikan dengan sertifikat pendidik yang mereka sudah miliki...
    Pepatah mengatakan pengalaman adalah guru yang terbaik, lalu bagaimana dengan guru-guru inpassing yang sudah berpengalaman belasan tahun sebagai guru tetapi karena usia mereka di atas 35 tahun sehingga tidak bisa mengikuti seleksi CPNS..

    Mudah-mudahan tulisan yang singkat ini bisa dijawab oleh pemerintah dengan menerbitkan regulasi yang adil...

    Hormat Saya

    Muhamad Zikrullah, S. Pd., M. Pd
    Putera Lombok.

  • Mat siang buat TIM PANSELNAS.
    Saya sudah kunjungi akun sscn.bkn utk pendaftaran, tapi menu register tidak muncul,minta solusinya.....!!!!!!

  • assalamualaikum, saya mau bertanya ketika sudah selesai mendaftar dan mengunggah dokumen secara online, apakah berkas hardcopynya juga di kirimkan lewat pos

  • Kepada: TIM PANSELNAS (Help Desk)
    Selamat Malam,
    Saya sudah berkaii-kali mencoba register di Portal SSCN, saat mengisi kolom tempat lahir, tidak tersedia di opsi menu "MUARA BUNGO"
    Mohon kepada TIM PANSELNAS BKN Untuk menambahkan Referensi Tempat Lahir: MUARA BUNGO yang belum tersedia di Portal SSCN, Sehingga memudahkan proses pendaftaran di portal tersebut.
    Atas Perhatiannya saya ucapkan Terima Kasih.

  • Kepada: TIM PANSELNAS (Help Desk)
    Selamat Malam,
    Saya sudah berkaii-kali mencoba register di Portal SSCN, saat mengisi kolom tempat lahir, tidak tersedia di opsi menu "MUARA BUNGO"
    Mohon kepada TIM PANSELNAS BKN Untuk menambahkan Referensi Tempat Lahir: MUARA BUNGO yang belum tersedia di Portal SSCN, Sehingga memudahkan proses pendaftaran di portal tersebut.
    Atas Perhatiannya saya ucapkan Terima Kasih.