X

Pendaftaran CPNS di SSCN BKN Go Id Tata Cara Login 2018-2019

Pendaftaran CPNS di SSCN BKN Go Id Tata Cara Login 2018-2019 – Untuk bisa mendapatkan print out sebagai syarat administrasi yang nantinya dikirim via kantor pos bersama dokumen lain maka diperlukan pendaftaran online tahap kedua di SSCN BKN CPNS 2018-2019 setelah menyelesaikan langkah tahap pertama sebelumnya seperti yang telah kami rangkum dalam Langkah pendaftaran online CPNS 2018-2019.

Di dalam situs yang akan akan dikunjungi nanti yakni sscn bkn, calon peserta akan diminta login ke dalam website tersebut menggunakan username dan juga password seperti yang didaftarkan pada tahap pertama di regpanselnas menpan atau bisa cek email yang digunakan untuk pendaftaran online CPNS 2018-2019.

Setelah bisa masuk atau login pada website sscn BKN langkah selanjutnya adalah dengan kembali mengisi formulir sesuai dengan data diri yang benar namun pada formulir yang ini tidak hanya membutuhkan KTP dalam mengisi biodatanya melainkan juga disana tertera kolom jumlah nilai IPK (untuk lulusan sarjana) atau NIM (untuk SLTA).

Artinya bila ingin melakukan pendaftaran tahap kedua tes CPNS 2018-2019 dibutuhkan Ijazah dan juga transkip nilai lulusan terakhir sebab Ijazah diperlukan untuk pengisian nomor ijazah dan juga traskip untuk mengisi nilai IPK yang semuanya tertera pada formulir kosong pendaftaran online tes CPNS 2018-2019.

Pada akhir tahap pengisian akan muncul pilihan formasi yang akan diikuti dalam tes CPNS 2018-2019 dan wajib dipilih sesuai dengan lulusan per jurusan sesuai dengan syarat yang diminta dalam tes CPNS 2018-2019 sebab tidak semua lulusan bisa mendaftar di salah satu formasi tes CPNS 2018-2019 baik pusat maupun daerah.

Bila semua langkah pengisian formulir pendaftaran telah sesuai dengan tata cara pengisian yang diminta maka pada akhir penyelesaian akan diberikan lembaran print out yang nantinya diperlukan sebagai syarat pelengkap untuk pengiriman berkas pendaftaran melalui kantor pos.

Dan perolehan lembaran print out yang dibutuhkan itu menandakan proses pendaftaran di websites SSCN BKN CPNS 2018-2019 telah selesai selanjutnya adalah melengkapi semua persyaratan dan juga melakukan pengiriman via kantor pos yang tata caranya juga telah dibahas pada tulisan lain hanya di cpns2015.com

Cara Daftar CPNS September 2018 Agar Diterima

Artikel ini membahas tentang tahapan dan cara daftar CPNS 19 september 2018. Era kekinian yang semua hal bisa dikerjakan melalui online pendaftaran CPNS juga dilakukan online untuk mempermudah masyarakat yang sekarang memang serba online. Banyak orang jadi OKB (Orang Kaya Baru) hanya dengan bermodal media sosial. Mulai dari jadi youtuber, tim pemasaran, pedagang, bahkan seorang gamer.

Meski begitu, menjadi pegawai negeri sipil (PNS) tetap menjadi kebanggaan tersendiri bagi para pencari kerja. Berbagai keuntungan dan fasilitas seorang pegawai negeri yang menjadikan lowongan CPNS banyak diburu oleh para pencari kerja.

Di antaranya, dapat gaji tetap yang stabil, dapat tunjangan keluarga, mudah untuk  meminjam di bank, jadi orang terpandang di lingkungan sekitar, dan bila nanti pensiun dapat uang pensiunan bahkan sampai ke keturunannya bila si PNS ini meninggal dunia.

Sayangnya, untuk menjadi seorang PNS membutuhkan perjalanan yang panjang dan perjuangan besar. Maksudnya, seseorang yang akan menjadi PNS membutuhkan berbagai tahapan seleksi yang harus dilewatinya dan perjuangan bersaing mengalahkan ribuan peserta CPNS. Agar bisa melalui itu, dibutuhkan cara untuk bisa diterima dari tes CPNS.

Berikut Cara Mendaftar Agar Diterima CPNS 2018

  1. Kenali formasi yang dibuka pada CPNS 2018

Berbeda dengan CPNS 2017 yang hanya membuka formasi CPNS di instansi pusat, CPNS 2018 ini akan membuka formasi untuk instansi pusat dan daerah. Sebagaimana diketahui, total jumlah formasi yang disiapkan pemerintah untuk CPNS 2018 adalah sebanyak 238.015 formasi yang terdiri dari 51.271 formasi untuk instansi pusat dan 186.744 formasi untuk instansi daerah, baik di tingkat provinsi, maupun kabupaten/kota.

CPNS 2018 kali ini akan lebih memprioritaskan tenaga pendidik baik di perguruan tinggi maupun di sekolah dan tenaga kesehatan. Rincian formasi instansi pusat yakni 24.817 formasi jabatan inti dari pelamar umum, 12.000 formasi guru madrasah Kementerian Agama yang bertugas di kabupaten/kota, dan 14.454 formasi dosen Kemenristek Dikti dan Kementerian Agama.

Sedangkan rincian formasi di instansi daerah terdiri dari 88.000 formasi guru kelas dan mata pelajaran, 8.000 formasi guru agama, 60.315 formasi tenaga kesehatan (dokter umum, dokter gigi, dan tenaga medis/paramedis), dan 30.000 lebih formasi tenaga teknis dari pelamar umum.

  1. Tentukan peluang formasi yang akan dipilih 

Tiap pelamar CPNS pasti ingin lolos. Penentuan formasi yang akan dipilih peserta CPNS bisa menjadi kemungkinan adanya peluang lolos dengan melihat beberapa hal meliputi, a) jumlah alokasi formasi yang sesuai kualifikasi pendidikan pada instansi yang diinginkan. Jumlah alokasi formasi di tiap instansi disesuaikan dengan kebutuhan instansi tersebut.

Ada yang hanya 1, ada yang 2 atau lebih banyak dari 3; b) perlu melihat kriteria pelamar yang akan dipilih. Sejak seleksi CPNS 2017 pemerintah memberlakukan beberapa kriteria pelamar, yaitu pelamar jalur umum, cumlaude dan diaspora, penyandang disabilitas, putra-putri Papua dan Papua Barat, serta pelamar jalur olahragawan berprestasi. Kriteria pelamar ini memiliki persyaratan khusus dan pertimbangan ambang batas passing grade ketika tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar).

  1. Pahami prosedur pendaftaran CPNS 2018

Prosedur pendaftaran CPNS dari tahun ke tahun relatif sama. Bila ada informasi tambahan maka BKN akan mengumumkan melalui situs resmi pemerintah, yakni

Prosedur yang penting untuk dipahami oleh para pelamar CPNS 2018 adalah pelamar berhak memilih 1 formasi jabatan dan 1 instansi pemerintah. Pendaftaran CPNS 2018 hanya akan melalui 1 pintu, yakni melalui situs http://sscn.bkn.go.id.

Sama halnya dengan prosedur pendaftaran CPNS 2017, pelamar CPNS tahun ini juga perlu untuk meng-upload berkas-berkas yang dipersyaratkan. Tata cara pendaftaran dan upload berkas CPNS 2018 dirincikan oleh detik.com sebagai berikut :

  1. Dokumen yang perlu disiapkan untuk pendaftaran online
  • Siapkan email aktif
  • Siapkan file pas foto 2 x 3 dan 4 x 6 dengan background merah format JPEG min. 120 KB dan maks. 200 KB.
  • Siapkan Scan KTP, akte kelahiran, ijazah, transkrip, dan bukti akreditasi jurusan maupun perguruan tinggi dengan ukuran maksimal masing-masing 300 KB format PDF.
  • Buat akun sscn
  • Buka situs pendaftaran : http://sscn.bkn.go.id
  • Buat akun sscn. Caranya dengan memilih menu registrasi. Pada menu ini pelamar perlu mengisi beberapa hal
  • Isi data NIK, nomor kartu keluarga (KK) atau dengan NIK kepala keluarga
  • Unggah pas foto yang sudah diformat (lihat point b)
  • Isi alamat email aktif, password akun sscn dan CAPTCHA
  • Cetak kartu informasi akun sscn 2018
  • Cetak kartu pendaftaran
  • Login ke situs http://sscn.bkn.go.id menggunakan akun yang sudah dibuat
  • Melengkapi biodata
  • Unggah foto diri / selfie memegang E-KTP dan kartu akun sscn 2018
  • Melengkapi data pada form yang tersedia
  • Memilih instansi, formasi dan jabatan sesuai kualifikasi pendidikan
  • Unggah dokumen sesuai persyaratan instansi
  • Cek kembali semua isian
  • Cetak kartu pendaftaran SSCN 2018
  1. Verifikasi
  • Data yang sudah diinput pelamar akan diverifikasi tim verifikator instansi
  • Berkas atau dokumen yang diunggah/dikirimkan pelamar akan diperiksa kelengkapan syaratnya
  • Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mendapatkan KARTU UJIAN untuk mengikuti tahap seleksi selanjutnya.
  1. Tes CAT

Tes CAT dilakukan dalam 2 tahap, yakni tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) dan tes SKB (Seleksi Kompetensi Bidang). Pelamar yang lulus seleksi administrasi berhak mengikuti seleksi tes SKD dengan sistem CAT.

Tes ini terdiri dari 3 jenis tes, yakni TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) terdiri dari 35 soal, TIU (Tes Inteligensi Umum) terdiri dari 30 soal, dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi) teridiri dari 35 soal. pada tahap ini pelamar akan lulus ke tahap selanjutnya dengan ketentuan ambang batas passing grade kriteria pelamar.

Pelamar yang lulus tes SKD berhak mengikuti tes SKB. Pada beberapa instansi, tes SKB cukup dengan mengerjakan soal dengan sistem CAT, ada juga instansi yang perlu praktik seperti tes SKB pada formasi tenaga pendidik.

  1. Keikhlasan

Setelah tes SKB usai, pelamar akan menunggu pengumuman penerimaan CPNS 2018 dalam waktu kurang lebih 1 bulan lamanya. Nilai pelamar yang lolos adalah akumulasi dari nilai SKD dan SKB, yakni SKD 40 % dan SKB 60 %.

Selama 1 bulan menunggu pengumuman, alangkah baiknya tetap mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa, yakin bahwa apa yang sudah diperjuangkan dan dijalani pelamar sudah optimal dan menjadi jawaban kehidupan terbaik sesuai kehendak Tuhan.

Selain keyakinan, keikhlasan juga menjadi poin penting dalam terwujudnya doa. Orang yang ikhlas, maka ia akan pasrah atas hasil yang sudah ia perjuangkan. Bila hasilnya belum sesuai dengan yang diinginkan maka ia tetap akan mensyukuri apa yang sudah ia lalui. Sikap ini akan menghindarkan orang dari putus asa, kekecewaan, maupun kekesalan.

So, buat kalian semua yang besok akan ikut berpartisipasi dalam hajatan Kemenpan-RB, yakni seleksi CPNS 2018. Selamat Berjuang jadilah CPNS yang  bersih dan professional.

Admin CPNS2015.Com:

View Comments (41)