CPNS 2017: Ubah Mindset Ikut Tes agar sukses

Tes CPNS 2017 – Tanpa terasa waktu terus berlalu dan terasa begitu cepat terlewati hingga kini sudah hampir menjelang pertengahan tahun 2017 dimana tak lama lagi saat yang cukup dinantikan oleh para lulusan sarjana maupun SMA akan segera tiba yakni saat dimana bukaan tes CPNS 2017 resmi diumumkan sehingga semua peminat tes seleksi CPNS tahun 2017 bisa mengikuti pendaftaran sesuai dengan prosedur yang ada.

Jika berbicara tentang tes CPNS, meski proses penerimaannya cukup berbeda dengan waktu beberapa tahun yang lalu namun bukan berarti mengubah semua asumsi mengenai pelaksanaan pendaftaran yang berlangsung melainkan mindset tentang sistem perekrutan yang identik dengan kecurangan kerap kali menjadi mindset yang dipercaya penuh oleh calon peserta yang akan segera ikut tes seleksi CPNS tahun 2017 ini.

ilustrasi-tes-CPNS-2015

Lalu bagaimana dengan tahun 2017? Meski tersandung dengan kebijakan moratorium namun bukan berarti pelaksanaan seleksi tes CPNS tahun ini dibatalkan untuk semua daerah karena dari hasil analisis jabatan di beberapa daerah masih membutuhkan sejumlah pegawai baru untuk mengisi kekosongan yang ada dikarenakan pensiun ataupun meninggal dunia.

Sedangkan penetapan formasi yang diusulkan oleh masing-masing daerah ke BKN pusat untuk bisa disetujui jumlah kuota dan formasi yang akan dilakukan perekrutan tahun ini baru akan diproses setelah semua daerah yang diminta telah mengajukan usulan formasi ke pusat dengan batas akhir pengajuan adalah akhir bulan April tahun 2017.

Untuk itu ada jangka waktu yang panjang bisa dipergunakan oleh calon peserta untuk bisa menambah wawasan dan juga pengetahuan guna menambah bekal yang akan sangat diperlukan pada saat tes seleksi CPNS tahun 2017 berlangsung.

Namun hal yang paling mendasar dari persiapan yang seharusnya dilakukan dengan maksimal adalah mengenai mindset seleksi tes CPNS dengan anggapan bahwa pelaksanaannya kerap dengan kecurangan juga tindak KKN terutama Nepotisme, seperti kabar yang kerap beredar kalau tidak ada kenalan orang dalam di panitia seleksi maka tidak akan pernah lulus.

Pada kenyataannya sejak diberlakukannya sistem tes CPNS dengan menggunakan komputer atau yang dikenal dengan CAT maka pelaksanaan tes CPNS dari tahun ke tahun sudah terbukti jauh dari kecurangan karena memang sistem perekrutan belangsung secara transparan, akuntabel dan juga terbuka jauh berbeda pada saat pelaksanaan manual tempo dulu.

Kekuatan mindset sendiri yang seharusnya mendorong untuk melakukan persiapan dengan matang ternyata terganggu akibat kepercayaan yang tidak mendasar tersebut yakni mengenai seleksi yang takkan bisa lulus jika harus dilakukan secara murni tanpa sogokan.

Bahkan tak aneh jika pada saatnya musim penerimaan tes CPNS berlangsung banyak oknum-oknum yang memanfaatkan situasi dengan meminta sejumlah uang agar bisa meluluskan peserta tes tertentu secara langsung tanpa pengaruh dari hasil nilai yang diperoleh pada saat tes seleksi berlangsung.

Dengan kata lain hanya mereka yang sanggup mengeluarkan puluhan hingga ratusan juta (sebagai uang sogokan) yang bisa lulus tes CPNS, selebihnya takkan ada peluang sedikitpun untuk bisa lulus dalam tes CPNS secara murni tanpa sogokan.

Ya begitulah, namun disini kami mengajak untuk merubah mindset (pola pikir) yang salah tersebut karena itu hanya akan mengganggu konsentrasi belajar dan juga dalam mematangkan persiapan menjelang pelaksanaan tes CPNS 2017 tahun ini.

Yakinilah bahwa itu pola pikir lama yang jadul juga katrok karena untuk tahun 2017 bisa dipastikan menggunakan sistes CAT kembali dengan pelaksanaannya yang transparan, akuntabel dan terbuka serta murni tanpa segokan.


1 Comment on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Yunita March 2, 2015 at 2:56 am - Reply

    Kpn lulusan D3 Tata Boga ada formasi? Kan ini baru dimasukkan PDB instalasi gizi bagi teknis

Leave A Response