Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS Sipir atau Penjaga Lapas 5 September 2017

Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS Sipir atau Penjaga Lapas 5 September 2017

Anda sedang mencari informasi penting tentang Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS Sipir dan Penjaga Lapas ? Jika benar maka Anda perlu menyimak artikel dibawah ini.

pengumuman cpns 2017
Kementrian Hukum dan HAM telah membuka Pengumuman Seleksi Administrasi Sipir atau Penjaga Lapas bagi lulusan SLTA, dengan kuota sebanyak 14.000 orang yang akan menempati bagian sipir dan penjaga lapas. Seleksi ini bisa di ikuti pria dan wanita, sesuai surat pengumuman Nomor: SEK.KP.02.01-490 yang dikeluarkan Kemenkumham tertanggal 11 Juli 2017, jumlah 14 ribu lowongan sipir terbagi menjadi dua, untuk pria sebanyak 11.423 orang dan perempuan 2.297. Seleksi ini merupkan kesempatan besar bagi Anda yang ingin menjadi Sipir atau Penjaga Lapas, yang baru saja lulus dari SLTA ataupun belum mendapatkan lowongan pekerjaan. Ingat Anda juga perlu memperhatikan waktu pendaftaran dan persyaratan agar bisa lolos seleksi, mari simak informasi berikut.

Informasi jadwal pendaftaran serta pengumuman seleksi administrasi CPNS Sipir atau Penjaga Lapas

Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS Sipir dan Penjaga Lapas yang ditunggu-tunggu akan segera dibuka, bagi siapa saja yang ingin mencoba mendaftarkan diri sebagai calon CPNS bagian Sipir dan Penjaga Lapas, dapat mengaksesnya melalui http:/sscn.bkn.go.id. Bagi Anda yang berminat untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota sipir dan penjaga lapas, Anda dapat melakukan pendaftaran melalui sistem online pada tanggal 1 Agustus 2017 sampai dengan 26 Agustus 2017. Setelah Anda mendaftarkan diri, Anda akan menerima kartu pendaftaran yang menunjukan bahwa Anda menjadi calon pendaftar seleksi. Setelah itu Anda harus mengirimkan berkas lamaran sesuai dengan persyaratan yang sudah ditentukan melalui PO.BOX dari masing-masing Kantor Wilayah yang dituju, waktu paling lambat untuk melakukan pengiriman berkas pada tanggal 31 Agustus 2017 pukul 16.00.

1.    Berdasarkan Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS  Sipir atau Penjaga Lapas, bagi yang ingin mengikuti seleksi harus memenuhi syarat-syarat di bawah ini:

a.    Anda merupakan WNI (Warga Negara Indonesia) resmi.
b.    Anda tidak pernah melakukan tindak pidana yang menyebabkan diri Anda ditahan selama kurun waktu 2 tahun atau lebih
c.    Anda tidak termasuk PNS, anggota TNI/Polri, anggota BUMN/BUMD, dan pegawai swasta yang diberhentikan secara tidak terhormat.
d.    Anda tidak termasuk Calon Pegawai Negeri Sipil atau sudah  menjadi Pegawai Negeri Sipil, prajurit TNI, anggota polri, dan siswa ikatan dinas pemerintahan.
e.    Anda tidak boleh turut serta menjadi  anggota atau pengurus politik, apalagi terlibat di dalam urusan partai politik.
f.    Anda harus memiliki batas pendidikan  yang  sesuai dengan persyaratan jabatan yang akan Anda pegang.
g.    Anda harus memiliki kesehatan  jasamni dan rohani
h.    Anda bukanlah orang yang mengonsumsi NAPZA, karena setelah Anda dinyatakan lolos pada pengumuman akhir, Anda harus melengkapi persyaratan dengan melakukan tes kesehatan ( Surat Keterangan Bebas NAPZA) dari Rumah Sakit Pemerintah setempat.
i.    Setelah lolos seleksi,  Anda harus bersedia untuk ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
j.    Anda tidak boleh memiliki tato, bekas tato, tindik dan bekas tindik  di anggota badan selain di telinga kecuali  disebabkan oleh ketentuan agama, dan adat .

2.    Syarat-syarat Kelulusan yang harus dipenuhi saat pendaftaran CPNS Sipir atau Penjaga Lapas

a.    Anda harus lulus SLTA atau sederajat dengan memiliki nilai ijazah minimal 7-0 (tujuh koma nol) atau 3 (tiga), dengan skala 1 sampai 4 atau mendapat nilai B, disamping itu sebaiknya anda mempunyai ketrampilan komputer. Khusus  untuk Anda yang berasal dari Papua dan Papua Barat boleh mengikuti selesksi ini dengan memiliki nilai di ijazah minimal 6-0 (enam koma nol) atau 2 (dua), dengan sekala 1 sampai 4 anda mendapat huruf C dan sebaiknya Anda memiliki ketrampilan komputer, karena anda perlu melampirkan sertifikat komputer yang pernah anda ikuti.
b.    Usia Anda pada tanggal 1 Agustus 2017 minimal 18 tahun dan maksimal 28 tahun untuk pendaftar dari SLTA.
c.    Batas minimal tinggi badan yang harus anda miliki untuk penjaga tahanan 160 cm untuk pria, dan 155 cm untuk wanita.
d.    Anda harus mencantumkan nama wilayah sesuai dengan domisili yang tertera dalam KTP Anda, Apabila domisili yang Anda tempati tidak sesuai KTP, maka Anda perlu membuat surar keterangan dari kelurahan setempat yang menerangkan bahwa anda telah berdomisili di wilayah itu minimal dalam kurun waktu satu tahun.

3.    Tata cara pendaftaran Administrasi CPNS Kemenkumham bagian Sipir atau Penjaga Lapas

Bagi Anda yang ingin mendaftar Seleksi Administrasi Sipir atau Penjaga Lapas 2017, maka Anda harus memenuhi dokumen persyaratan yang sudah tertera pada  Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS Sipir atau Penjaga Lapas dibawah ini:

a.    Surat Lamaran, bermaterai Rp.6000,- (format surat lamaran dapat diunduh di laman: https:/lsscn.bkn.id
b.    Fotokopi KTP
c.    Menyerahkan surat keterangan dari kelurahan apabila domisili Anda tidak sesuai dengan alamat yang tertera di KTP.
d.    Fotokopi ijazah dan Daftar Nilai pada ijazah
e.    Fotokopi Ijazah, SD, SLTP dan SLTA
f.    Surat pernyataan harus diketik di komputer, bermaterai Rp 6000, dan ditandatangani dengan pena berwarna hitam
g.    Pas foto terbaru ukuran 3×4 dengan latar belakang merah, sebanyak 4 lembar
h.    Lembar bukti pendaftaran di cetak di laman https:/sscn.bkn.go.id dan pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan menggunakan NIK( Nomor Induk Kependudukan) yang tertera pada KTP atau KK di http/sscn.bkn.go.id

4.    Tahapan Seleksi Administrasi Sipir atau Penjaga Lapas terdiri dari

a.    Seleksi Administrasi
•    Verifikasi dokumen lamaran yang diterima Anda melalui PO.BOX
•    Verifikasi dokumen asli dan Pengukuran tinggi badan

b. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan Computer Assisted Tes ( CAT)
c. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)
•    Kesamaptaan dengan bobot 50%
•    Pengamatan Fisik dan Ketrampilan (PFK) dengam bobot 50%

d. Sistem Kelulusan
Kelulusan seleksi administrasi berdasarkan pada hasil verifikasi dokumen yang telah Anda Unggah dan di umumkan melalui PO.BOX . Jika Anda dinyatakan lulus seleksi administrasi, maka Anda harus mengirimkan dokumen verifikasi asli dan hasil pengukuran tinggi badan. Kemudian setelah Anda dinyatakan lulus verifikasi dokumen asli dan pengukuran tinggi badan, Anda berhak mendapat kartu ujian dan berlanjut pada tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Kelulusan SKD didasarkan passing grade yang sudah diatur oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Setelah Anda dinyatakan lulus, Anda dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

5.    Beberapa kesalahan yang terjadi saat melakukan registrasi CPNS, hal-hal dibawah ini sangat perlu diperhatikan

a.    Kesalahan Password

Jika Anda mengalami masalah dalam menggunakan password , silahkan Anda ganti password yang lama dengan password yang baru melalui fitur, yang telah disediakan di internet.

b.    Kesalahan Nama

Kesalahan ini terjadi biasanya karena nama yang tertera di dalam KTP tidak sesuai dengan tertera dalam aplikasi SSCN. Jika hal ini terjadi maka Anda perlu mendatangi Direktorat Jendral Kependudukan  dan Catatan Sipil Kementrian Dalam Negeri untuk memperbaiki data Anda.

c.    Aplikasi SSCN tidak bisa dibuka

Apabila Anda tidak bisa membuka aplikasi sscn, pastikan lokasi dan cek koneksi internet Anda. Pastikan bahwa signalnya bagus untuk memulai koneksi.

d.    Kesalahan dalam pengunggahan dokumen

Anda perlu memperhatikan ketika ingin mengunggah berkas, dan lebih berhati-hati karena berkas atau dokumen yang sudah diunggah tidak bisa diperbaiki lagi.

6.    Tips agar bisa lolos seleksi Administrasi CPNS Sipir atau Penjaga Lapas

a.    Persiapkan secara matang untuk mengikuti serangkaian proses seleksi
b.    Memahi setiap tahapan seleksi
c.    Persiapkan kondisi fisik dan mental Anda untuk proses seleksi
d.    Jangan Lupa berdoa

Informasi Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS Sipir atau Penjaga Lapas kami ulas khusus untuk Anda yang sedang mencari lowongan pekerjaan, kami harap Anda dapat meraih posisi yang Anda harapkan dan mendapat gambaran bagaimana serangkaian seleksi yang akan berlangsung.


Next Article >

6 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Rahmadani September 5, 2017 at 8:14 am -

    Ingin bekerja dan mengapdi pada negara

  2. Rahmadani September 5, 2017 at 8:16 am -

    Ingin bekerja dan mengapdi pada negara

  3. Rahmad September 5, 2017 at 8:18 am -

    Ingin bekerja dan mengapdi pada negara

  4. Agrifa Helmides Hutagaol September 5, 2017 at 1:56 pm -

    mantap

  5. Nopiyanto September 6, 2017 at 2:20 am -

    Daftar yg lolos

  6. syahrial September 6, 2017 at 9:19 am -

    saya terlambat melihat pengumuman ini bagai mana cara mengetahui nya kembali

Leave A Response