Tips dan Trik Lulus tes CPNS Murni tanpa Sogokan

Lulus tes CPNS itu merupakan impian semua peserta tes yang ikut dalam seleksi CPNS setiap tahunnya namun bagiku itu merupakan impian beberapa tahun lalu karena dalam 2 tahun terakhir aku tak perlu ikut seleksi tes CPNS lagi sebab kelulusan itu sudah didapatkan pada tahun 2013 yang lalu, ya pada saat tes CPNS 2013 untuk formasi umum.

Tentu semua perolehan ini patut disyukuri karena memang selain sulit didapatkan dan harus bersaing dengan banyak peserta tes lain namun bisa lulus murni tanpa sogokan itu saja bisa menjadi kebanggaan tersendiri ditengah kepercayaan masyarakat kini yang minim sekali untuk bisa mempercayai bahwa tes seleksi CPNS itu bisa berlangsung secara transparan, akuntabel dan juga terbuka.

lulus tes CPNS 2017

Ya tepatnya semenjak sistem CAT (computer assisted test) diselenggarakan memang semua persepsi mengenai tindak korupsi dalam penyelenggaraan seleksi CPNS mulai mengalami perubahan karena sistem yang demikian menutup kesempatan bagi oknum yang berniat mencari keuntungan pribadi dalam setiap event tahunan tes CPNS ini.

Bagaimana mau manipulasi jika nilai yang diperoleh peserta langsung bisa dilihat beberapa detik saat selesai mengerjakan soal tes CPNS sewaktu pelaksanaan tes seleksi yang diselenggarakan, selanjutnya sudah ada juga passing grade yang menjadi ukuran nilai dalam menentukan siapa saja nantinya yang akan diseleksi kembali melalui perangkingan berdasarkan semua peserta yang lulus dalam ambang batas nilai tersebut.

Dan kini meski belum genap menjadi PNS 100% melainkan masih dalam status Capeg (CPNS) namun kerap kali banyak yang meminta saran serta tips ataupun trik dalam menghadapi soal tes CPNS dan juga lulus dengan nilai masuk dalam passing grade yang ditentukan.

Baiklah semuanya akan kucoba ditulis disini agar bisa bermanfaat bagi yang membacanya nanti yakni mengenai Tips dan Trik Lulus tes CPNS Murni tanpa Sogokan.

Pertama :

Untuk bisa lulus dalam tes seleksi CPNS murni tanpa sogokan pastikan mendaftarkan diri hanya pada seleksi CPNS yang menggunakan sistes CAT sebab jika menggunakan metode lama (sistem tes CPNS manual menggunakan LJK) prinsip transparan, akuntabel dan juga terbuka sulit dicapai, tapi untung sejak tahun 2014 dan juga untuk tahun 2017 ini semua daerah baik itu instansi pusat maupun daerah menggunakan sistem CAT CPNS sebagai cara untuk melakukan perekrutan pegawai baru.

Kedua :

Jika poin pertama sudah terpenuhi maka selanjutnya adalah fokus dalam persiapan menghadapi soal tes yang akan ditemui nanti pada saat tes seleksi CPNS berlangsung, yakni dengan memperbanyak materi penguasaan terkait dengan materi-materi soal ujian tes CPNS 2017.

Bagi sebagian orang apalagi mereka yang memang belum pernah dan baru akan ikut tes seleksi CPNS yang pertama kali memang sulit menebak soal tes apa sajakah yang akan keluar dan diujikan dalam tes seleksi yang akan diikuti namun tidak bagi yang pernah ikut tes sebelumnya.

Ya memang materi yang diujikan dalam tes CPNS setiap tahunnya itu hampir sama sehingga semua bisa dipelajari meski tingkat kesulitan yang diujikan itu cukup tinggi, akibatnya selalu ada formasi yang tidak terpenuhi kuota kebutuhan pegawainya di setiap tahun artinya dari sekian banyak peserta yang ikut dalam tes seleksi CPNS pada formasi tertentu terkadang tidak satupun yang masuk atau lulus dalam passing grade.

Kalau begini kejadiannya lalu siapa yang salah? Apakah penetapan passing grade yang terlalu tinggi sehingga sulit dicapai ataukah bobot kesulitan soal yang terlalu ekstrim sehingga tidak ada peserta yang mampu menyelesaikannya dengan baik.

Bila dipandang dari pribadiku sendiri yang soal dan juga ambang batas nilai (passing grade) tidak bisa persalahkan karena untuk menentukan itu semua harus menjalani proses panjang dan juga prosedur yang telah sesuai dengan kaidah penentuan kriteria perekrutan calon pegawai baru negeri sipil (PNS).

Artinya yang perlu ditingkatkan adalah wawasan dan juga pengetahuan umum yang dimiliki oleh peserta sebab tanpa adanya itu soal tes kompetensi dasar (TKD) CPNS 2017 yang terdiri dari wawasan kebangsaan, pengetahuan umum dan juga karakteristik pribadi tidak akan bisa dikerjakan dengan maksimal sehingga perolehan nilaipun masih jauh dari yang seperti diharapkan.

Namun ada jalan keluar atas semua permasalahan tersebut karena pengalaman pribadi saya telah membuktikannya dan perjalan untuk bisa menjadi PNS telah berhasil dicapai sejak tahun 2013 yang lalu, selanjutnya yang saya lakukan adalah belajar dan juga mempelajari pola soal tes CPNS dalam setiap tahunnya. Adapun materi lengkap dan juga soal-soal lengkap beserta pembahasannya yang bisa dipelajari dengan mudah saya dapatkan disini.


5 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Taslim N Siparante February 27, 2015 at 2:06 am -

    insya Allah Tahun 2017 ini saya akan berusaha terus belajar untuk bisa LULUS CPNS, pengalaman Tahun 2014 menjadikan saya bangkit dari Kegagalan untuk mencapai Keberhasilan.

    haqqul yaqin………..

  2. Taslim N Siparante February 27, 2015 at 2:10 am -

    Nilai Passing Grade Tahun 2014 yg saya dapatkan :

    TKP = 146
    TIU = 95
    TWK = 75

    Total Nilai 316

    Namun sayang saya gagal urutan ke 3 dari jumlah 2 jatah yg diterima Guru Agama Islam Kab. Tojo Una-Una

  3. Reni Agustin March 7, 2015 at 6:58 am -

    alhandulillah jadi makin semangat untuk terus belajar.yakin tahun 2017 saya pasti bisa lulus tes CPNS murni tanpa sogokan.semangat terus berusaha,Allah bersama orang-orang yang yakin dan mau berusaha.amin ya Allah . .

  4. supriyadi March 12, 2015 at 2:25 am -

    Gk apa, tetap semangat ya

  5. subandono March 23, 2015 at 3:24 am -

    Ya Tuhan, nanti kira2 masih ada nggak ya formasi buat Tenaga Teknis seperti aku?? Apa memang bener2 sudah tidak ada??

Leave A Response