80.000 Formasi CPNS Honorer Tahun 2017 Semua Jurusan

Advertisement

CPNS2015.Com ~ Tidak hanya dari pelamar umum saja yang akan memenuhi kuota tes CPNS tahun 2017 tahun ini namun sebagian besar kesempatan tersebut akan diberikan kepada tenaga honorer yang telah mengabdikan diri dalam menjalankan tugasnya atau yang tahun lalu dikenal dengan tenaga honorer K2 (Kategori 2) yakni honorer yang telah terdaftar dan masuk dalam database pegawai atau yang telah mengabdi minimal 5 tahun pada tahun lalu.

Kabar baiknya adalah jumlah yang bakal diterima melalui pengangkatan khusus tenaga honorer tahun 2017 cukup besar karena memang telah menjadi prioritas dalam tugas pemerintah untuk menyelesaikan PR mengenai tenaga honorer K2 ini agar tidak menjadi masalah yang berlarut-larut.

Namun sebelum semua itu diterapkan dan juga pengangkatan tes CPNS jalur honorer dari total jumlah 80.000 orang tersebut benar-benar dilaksanakan maka ada standar kompetensi yang harus dipenuhi oleh calon peserta yang bakal diangkat.

Apakah itu? Yakni tentang latar belakang pendidikan yang akan diterima sebagai syarat ikut tes seleksi CPNS adalah harus sesuai dengan formasi yang dibutuhkan, ini adalah mutlak. Hal yang kerap terjadi perbedaan antara kompetensi lulusan pendidikan yang dimiliki dengan bidang yang jalani adalah guru atau tenaga kependidikan.

Di beberapa tempat terutama Guru SD (sekolah dasar) yang memang jumlahnya banyak dan tersebar disemua desa hingga daerah terpencil selalu jadi ladang untuk mencari pekerjaan alternatif. Ya honor di SD (sekolah dasar) merupakan pekerjaan alternatif dengan peluang terbesar dibandingkan lowongan kerja lainnya.

Namun cukup ironis memang di lapangan kerap ditemui lulusan S1 Ekonomi, S1 Matematika, S1 Bahasa Inggris atau bahkan ada yang bergelar Sarjana Sosial menjadi tenaga pengajar di SD, dan lebih lagi kebanyakan dari mereka itu telah mengabdikan diri sebagai guru dalam jenjang waktu yang cukup lama hingga masuk dalam tenaga honorer K2.

Sedangkan untuk peraturan terbaru yang akan berlaku mulai 1 Januari 2017 bahwa semua pegawai atau tenaga yang bekerja di sebuah instansi haruslah sesuai dengan kompetensi di bidang instansi tersebut, misal tadi Guru SD haruslah lulusan S1 PGSD (pendidikan guru sekolah dasar).

Pemerintah juga memberi kesempatan untuk semua yang belum sesuai dengan lulusan kompetensi seperti yang dijelaskan diatas agar bisa kuliah lagi untuk mengambil sesuai dengan yang dibutuhkan sehingga bila pada tanggal 1 Januari 2017 yang akan datang sedang dalam proses kuliah masih bisa dimaklumi.

Untuk peluang tenaga honorer yang bakal diangkat nantinya terdapat beberapa cara pengangkatan namun masih dalam bahasan rapat di kabinet untuk penentuan keputusan resmi yang nantinya dijadikan dasar untuk penentu cara pengangkatan CPNS jalur tenaga honorer tahun 2017.

Salah satu diantaranya adalah dengan mengangkat secara langsung tenaga honorer yang telah berusia di atas 35 tahun dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, namun untuk kepastian tentang sistem perekrutan ini masih menunggu kabar lebih lanjut dari panselnas tentunya.

Kemudian cara lainnya adalah dengan pengangkatan sebagai tenaga kontrak dengan gaji minimal UMR, artinya upah/gaji honorer yang terikat kontrak jauh lebih besar daripada honorer saat ini. Misal saat ini rata-rata hanya 350rb – 750rb per bulan maka untuk tenaga kontrak ini akan mendapatkan sekitar 1,5 juta hingga 2,5 juta perbulan.

Adapun syarat wajib yang harus dipenuhi agar bisa menjadi tenaga kontrak ini adalah seperti yang dijelaskan diatas tadi yaitu tentang linier-nya latar pendidikan calon tenaga yang akan diangkat. Jika tidak memenuhi syarat akan tersingkir dari persaingan.

Demikianlah penjelasan yang mungkin akan menjadi nasib dari tenaga honorer k2 yang belum lulus tes CPNS, semoga saja secara bertahap pemerintah bisa menyelesaikan permasalahan mengenai tenaga honorer yang belum diangkat ini secara tuntas mulai dari tenaga honorer k2 yang berjumlah 80.000 orang lagi hingga honorer lain yang tentunya juga punya mimpi menjadi PNS, amin.

Silahkan cek jadwal CPNS tahun 2017 maupun persyaratan daftar tes CPNS 2017 yang mungkin dibutuhkan oleh sobat pembaca CPNS2015.Com ini, info penting lainnya akan diupdate secara berkala disini, so nantikan update selanjutnya nanti, terima kasih.

2 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Dekil March 9, 2015 at 1:15 am - Reply

    Kalau ingin negara maju yang jadi PNS Fungsional harus sesuai ijazahnya. Meskipun itu K2 atau apapun itu namanya

  2. wahyudi March 11, 2015 at 8:38 pm - Reply

    Apakah tes cpns UMUM bagi sarjana tahun ini ada,,??
    Mohon infonya, trimakasih

Leave A Response