Persyaratan Daftar Tes CPNS Online Harus Linier

Persyaratan Tes CPNS 2015 ~ Tes CPNS 2015 bukan pertama kali karena memang setiap tahun diadakan perekrutan pegawai baru melalui jalur tes CPNS begitupun tahun 2015 meskipun memang dalam jumlah yang diperbolehkan untuk direkrut haruslah didasarkan dengan perhitungan tertentu yakni kalkulasi mengenai jumlah anggaran di suatu daerah terhadap peenggunaannya dalam belanja pegawai daerah tersebut.

persyaratan cpns tahun 2015

Tentu saja daerah yang mempunyai APBD tinggi dan jumlah pegawai sedikit akan dapat atau diperbolehkan melakukan perekrutan tes CPNS secara besar-besaran dalam jumlah yang banyak, sebaliknya jika di daerah tersebut sudah banyak menggunakan dana APBD untuk gaji pegawai tentu saja sedikit sekali bahkan tidak diperbolehkan melakukan rekrut pegawai melalui tes CPNS.

Ya kebijakan yang mengatur hal tersebut dikenal dengan sebutan moratorium, lebih lanjut tentang daerah mana saja yang akan melaksanakan tes CPNS 2015 bisa cek di Informasi Pendaftaran dan Penerimaan CPNS 2015, sedangkan untuk nasib tenaga honorer baik itu kelompok honorer K2 yang belum lulus atau diterima sebagai PNS tahun lalu maupun tenaga TKS tahun ini bisa cek info di Nasib Tenaga Honorer pada Tes CPNS 2015.

Bagi daerah yang resmi menyelenggarakan tes seleksi CPNS tahun 2015 akan dibutuhkan beberapa persyaratan bagi calon peserta yang akan ikut dalam tes seleksi CPNS tersebut yang didasarkan pada formasi pilihan peserta masing-masing artinya lain formasi maka lain juga persyaratan yang harus dipenuhi.

Lain halnya dengan formasi maka untuk persyaratan tes CPNS setiap tahun akan ada penambahan dan pengurangan yang telah menjadi hak masing-masing daerah yang melaksanakan tes CPNS tersebut sehingga setiap daerah yang akan mengadakan tes CPNS tahun 2015 berhak membuat kebijakan terkait syarat yang harus dipenuhi.

Sebagai contoh misal daerah A membuka lowongan tes CPNS 2015 dengan persyaratan yakni misal lulusan sarjana, IPK minimal 3,00 ataupun harus mempunyai sertifikat pendidikan profesi, sedangkan untuk daerah B hanya membutuhkan lulusan sarjana tanpa harus ada syarat minimal IPK ataupun sertifikat profesi.

Artinya persyaratan yang akan dibuka tersebut disesuaikan atau bisa ditambah dan dikurangi berdasarkan kebiijakan di masing-masing daerah, disinilah sistem otonomi diterapkan jadi meskipun tes seleksi dilaksanakan secara nasional namun untuk persyaratan setiap daerah berhak melaksanakan perannya sebagai penyandang wewenang otonomi daerah.

Adapun persyaratan secara umum yang biasanya berlaku di seluruh Indonesia adalah :

  • Lulusan SMA, S1, S2 dan sebagainya (sesuai kebutuhan pegawai yang kosong)
  • Umur maksimal 35 tahun.
  • Tidak memiliki catatan kriminal di kepolisian.
  • Sehat jasmani dan rohani.

Sedangkan beberapa berkas administrasi yang wajib dan juga berlaku di seluruh Indonesia sebagai syarat pendaftaran tes CPNS 2015.

  • Fotocopy ijazah terakhir yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
  • SKCK dari kepolisian.
  • Kartu Kuning (Kartu Tanda Pelamar kerja) dari Kemnaker & Trans
  • Print Out bukti tanda registrasi online CPNS 2015, info cek di Pendaftaran CPNS di SSCN BKN.
  • dll.

Demikianlah mengenai Persyaratan Daftar Tes CPNS Online sedangkan yang Harus Linier adalah sesuai dengan formasi yang dibutuhkan.


6 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. ahmad sofiulloh March 16, 2015 at 5:41 pm - Reply

    untuk pembukaan cpns kalau saya boleh tau tanggal berapa yah, mohon di balas comentar saya.

  2. Her February 11, 2017 at 5:51 am - Reply

    Apakah untuk ijazah SMK jurusan teknik bangunan bisa juga ikut tes CPNS??

  3. Her March 6, 2017 at 4:56 am - Reply

    Kapan di mulai tes CPNS-nya?

  4. Anikkurniati April 17, 2017 at 3:29 pm - Reply

    Bulan apa dibuka pendaftarannya

  5. Va April 21, 2017 at 2:09 am - Reply

    Bagaimana Cara pendaftaran cpns online buat yang baru ? Mohon di balas komentar saya

  6. kris July 17, 2017 at 5:06 am - Reply

    Persyaratannya apa aja
    Terus ijazah smk jurusan otomotif tahun 2017 blm keluar,terus gimana

Leave A Response